Kabar Mahad »

Jangan Kau Tunda Sampai Esok!!

Oleh: Ust. Anfalullah, Lc.

Kemarin telah berlalu menjadi sejarah yang hanya bisa ditangisi..

Esok masih sebongkah harapan yang belum pasti,…

Sekarang adalah kenyataan yang harus dihadapi..

 

Dampak Negatif Menunda Pekerjaan

Saudaraku..!

Hidup adalah perjuangan. Tanpa perjuangan jangan harap kita bisa hidup. Terlebih  hidup yang menuai kesuksesan dunia dan akhirat. Layaknya sebuah perjuangan, hidup pun tidak terlepas dari berbagai rintangan dan tantangan. Salah satu tantangan terberat dalam hidup adalah melawan kemalasan. Ya ..! Rasa malaslah yang selalu menghantui manusia. Tua, muda; pria, wanita semuanya  sulit berlepas diri dari penyakit yang satu ini. Sehingga hari demi hari beban kita semakin memberat, dikarenakan efek negatif dari menunda-nunda pekerjaan.

Acap kali kita mendengar orang berkata ” nanti sajalah masih banyak waktu ini“. terlontar   begitu ringan, tapi efeknya sungguh amat dahsyat! Berapa kerugian yang kita alami dari perkataan ini? ataupun yang satu ini: “nanti aja taubat mah kalau udah tua, yang penting; muda berpoya-poya, tua kaya raya, mati masuk surga”. Itulah kira-kira ocehan anak muda zaman sekarang yang terlena dalam hura dan terbuai dalam angan.

Subhanalloh..!!  Sungguh sangat mengerikan! Bukankah kematian itu tidak diketahui kapan datangnya? Bukankah kematian tidak pernah pandang bulu? Muda ataupun tua, kalau sudah tiba waktunya tidak ada yang bisa mengelak. Mari kita merenung sejenak sambil mentadaburi firman Allah Subhânahû wa Ta’âlâ.

(كُلُّ نَفْسٍ ذَآئِقَةُ الْمَوْتِ ( آل عمران : 185

“Setiap yang bernyawa pasti akan merasakan mati”

(أَيْنَمَا تَكُونُواْ يُدْرِككُّمُ الْمَوْتُ وَلَوْ كُنتُمْ فِي بُرُوجٍ مُّشَيَّدَةٍ  ( النساء : 78

“Dimanapun kamu berada, kematian akan mendapatkan kamu, kendatipun kamu berada didalam benteng yang tinggi dan kukuh”. (An-Nisa 78)

 

Kiat Agar Terhindar Dari Taswif (Menunda-Nunda)

Saudaraku ..!

Para ulama mengatakan taswif adalah senjata syaitan untuk memalingkan manusia dari kebaikan. Artinya, setiap kali kita menunda pekerjaan, syaitan akan tertawa lebar penuh kemenangan. Jadi, jangan biarkan syaitan tertawa. Mari kita bangkit, singsingkan lengan baju untuk melawan syaitan musuh nomer satu.

Imam Ibnul Qayyim mengatakan bahwa menunda-nunda kebaikan dan sekedar berangan-angan tanpa realisasi adalah modal orang-orang yang bangkrut.

إن المنى رأس أموال المفاليس

“Sekedar berangan-angan (tanpa realisasi) itu adalah modal orang-orang yang bangkrut. (Madarijus Salikin, Ibnul Qayyim)

Hasan Al-Bashri berkata, “Hati-hati dengan sikap menunda-nunda. Hari ini adalah sekarang. Janganlah menunggu esok hari, karena jika esok tidak kunjung datang, hanya penyesalanlah atas apa yang kau tinggalkan (Ma’alim fii Thoriq Tholabil ‘Ilmi)

Saudaraku Tercinta..!

Tidak ada solusi terbaik bagi kita agar terhindar dari taswif, selain mengikuti petunjuk Rosulullah shallallâhu ‘alaihi wasallam. Sebagaimana Ia bersabda:

Gunakanlah lima kesempatan sebelum datangnya lima kesempitan: Hidupmu sebelum matimu, sehatmu sebelum sakitmu, waktu luangmu sebelum waktu sempitmu, masa mudamu sebelum masa tuamu, dan kayamu sebelum miskinmu” (HR. Al-Hakim dan Al-Baihaqi)

Selanjutnya wahai saudaaku! Pandai-pandailah memenej waktu dan kegiatan. Mulailah dari hal termudah diantara hal mudah yang bisa kita lakukan; kemudian beraktifitaslah secara konsisten walaupun sedikit demi sedikit.

Contohnya kalau kita mau menghafal al-quran. Pilihlah surat terpendek, lalu hafalkanlah sedikit demi sedikit tapi terus berkesinambungan. Rosulullah shallallâhu ‘alaihi wasallam bersabda:

(أحبّ الأعمال إلى الله أدومها وإن قلّ (رواه مسلم

“Perbuatan yang paling dicintai oleh Allah adalah terus menerus walaupun sedikit.(HR.Muslim)

Begitulah selanjutnya, kita aplikasikan metode ini pada semua aktifitas yang akan kita lakukan. Insya Alloh seiring dengan berjalannya waktu kita akan terhindar dari sikap taswif.

Jangan tergesa-gesa tanpa perhitungan yang matang, karena itu akan mengakibatkan future (lemas dan putus asa).

Bedakan antara segera dan tergesa-gesa. Segera itu cepat dan akurat, sedangkan tergesa-gesa cepat tapi meleset bahkan tersesat. Selain itu pula, tergesa-gesa termasuk sifat syaitan yang perlu kita hindari. Wallahu a’lam.

No Responses to “Jangan Kau Tunda Sampai Esok!!”

Leave a Reply