Kabar Mahad »

Al-Ma’tuq Gelar Daurah Ilmu Tajwid dan Metode Menghafal Al-Qur’an

Al-Ma’tuq (13/02/2017). Pesantren Al-Ma’tuq menyelenggarakan Daurah Ilmu Tajwid dan Metode Menghafal Qur’an untuk para pengajar dan penghafal Qur’an.

Daurah yang berlangsung selama satu pekan, mulai 13 s.d 19 Feb 2017, ini diisi oleh trainer Al-Qur’an internasional dari Mesir, Syaikh Ishom Yusuf dan Syaikh Muhyiddin Abdul Mu’thi (beserta istrinya yang juga menjadi pemateri untuk peserta akhwat).

Diikuti oleh 65 peserta ikhwan dan 61 peserta akhwat utusan beberapa lembaga Pesantren dan perorangan, kegiatan daurah ini memiliki jadwal yang cukup padat, baik pagi, sore, hingga malam hari. Panitia pun menyediakan tempat menginap untuk para peserta yang datang dari luar Al-Ma’tuq.

Acara dibuka hari Senin 13 Feb 2017, jam 09.00 s.d 11.00 di masjid Al-Ma’tuq, dihadiri oleh Ketua Yayasan, Ust. Ahmad Zawawi,  Mudir Pesantren Al-Ma’tuq, Ust. Dr. Ade Hermansyah, Lc., M.Pd.I, para pemateri, dan seluruh peserta.

Dalam sambutannya, ketua Yayasan, Ust. Ahmad Zawawi, mengucapkan selamat datang kepada para masyayikh dari Mesir, juga kegembiraan dengan adanya daurah Qur’an di Pesantren Al-Ma’tuq.  Ahmad Zawawi menyampaikan sebuah obsesi kegiatan daurah ini menjadi embrio lahirnya komunitas penghafal Qur’an, bahkan terbentuknya sebuah kampung  Qur’an yang menjadi destinasi umat yang ingin fokus menghafal dan memperdalam ilmu Al-Qur’an yang mulia.

“Kalau di Pare sana ada kampung Inggris, maka saya mendambakan adanya kampung Arab atau kampung Qur’an melalui Antum para peserta daurah ini,” ujar Ustadz Ahmad Zawawi.

Sementara itu Syaikh Ishom Yusuf, salah seorang trainer, dalam sambutannya banyak memberikan motivasi dari dalil-dalil Al-Qur’an dan hadits bagi para penghafal Al-Qur’an,

Usai pembukaan di Masjid Jami’ Al-Ma’tuq, peserta ikhwan dan akhwat lalu berpencar menuju dua tempat berbeda untuk mengikuti materi demi materi dari para masyayikh. Untuk ikhwan dipusatkan di Masjid Al-Bassam yang masih binaan Yayasan, dan untuk akhwat di aula Az-Zamil yang terletak di komplek asrama puteri Pesantren Al-Ma’tuq. (almatuq.net/ahb)

No Responses to “Al-Ma’tuq Gelar Daurah Ilmu Tajwid dan Metode Menghafal Al-Qur’an”

Leave a Reply